Grafika Komputer
Grafika komputer adalah bagian dari
ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual)
secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer
2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra
(image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer
sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari grafika komputer
meliputi:
1. Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging), mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Sejarah Grafika Komputer
Sejarah grafika dimulai
sejak jaman dahulu ketika bangsa mesir, roma dan yunani berkomunikasi secara
grafik. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang mesir dapat
dikatakan sebagai lukisan teknik. Leonardo da Vinci sudah menghasilkan
lukisan dengan objek 3D dengan pandangan isometrik.
Perkembangan grafika komputer dapat dibagi menjadi 4 fase, yaitu:
1. Fase Pertama, tahun 50an
Merupakan era grafika
komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika komputer interaktif
tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal.Pada tahun
50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer
ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan.
Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain
itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat.
Komputer grafik interaktif mulai diteliti oleh general motor pada tahun 1959.
2. Fase Kedua, dekade 60an
Merupakan zaman
penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika
interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem
penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan
sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi
dengan menampilkan simulasi efek fisik.
3. Fase Ketiga pada dekade 70an
Saat ini sektor
industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika
komputer interaktif untuk memperbaiki
kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
4. Fase keempat, dekade 80an
Pada masa ini grafika
komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan
algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian
sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini
berguna untuk industri masa depan.
Ringkasan Grafika Komputer
A.
Apa itu Grafik Komputer ?
·
Suatu
proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal ,
matematik, dari beberapa bidang seperti fisik artistik dan bahkan struktur
abstrak.
·
Istilah
”Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter Pembentukan disain
model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh
manusia 3 Dimensi
·
Pengguna
mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra
melalui suatu komponen dasar visual feedback.
·
Masukan
: mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video
stream, dll
·
Proses
dan Penyimpanan
·
Keluaran
: layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll
·
Sistem
interaktif grafik pertama, Sketchpad, ditemukan oleh Ivan Sutherland (1963) di
MIT.
B. Sejarah Perkembangan Komputer Grafik
di era 1960 – 2000
·
1961:
Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan
teknologi Grafik Komputer.
·
1963
: ditermukan Sutherland (MIT), Sketchpad (manipulasi langsung, CAD), Alat untuk
menampilkan Calligraphic (vector),Mouse oleh Douglas Englebert
·
1968
: ditemukan Evans & Sutherland.
·
1969
: Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
·
1970:
Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
·
1971:
ditemukan Gouraud Shading
·
1972:
ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang, menggunakan animasi
komputer.
·
1974:
Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek,
Hunger:Keyframe animation and morphing
·
1976:
Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
·
1977:
Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
·
1979:
Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.
·
Pertengahan
tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai
main-stream aplikasi realtime.
·
1982:
Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.
·
1984:
Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last
Star Fighter.
·
1986:
Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi
dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
·
1989:
Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
·
1995:
Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang
pertama
·
Akhir
tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu
pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path
tracing, photon maps, dll.
·
Tahun
2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic
rendering.
Referensi :
https://duniagrafikapro.wordpress.com/sejarah-grafika/
Komentar
Posting Komentar